8 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur

Kebanyakan perempuan di Jepang memiliki tubuh yang lebih langsing, sehat, dan kencang dibanding perempuan di negara lain.

Diduga hal tersebut ada kaitannya dengan kebiasaan dan gaya hidup yang mereka jalani. Salah satunya adalah ritual minum air putih saat bangun tidur.


Kebiasaan yang masih diterapkan ini ternyata juga bisa menghindarkan seseorang dari  gangguan kesehatan seperti obesitas dan diabetes. Ini menjadi salah satu alasan untuk kita belajar dari gaya hidup sehat mereka.


Mengapa Minum Air Jadi Penting?

70 persen tubuh Anda terdiri dari air. Bila kebutuhan air dalam tubuh tidak terpenuhi, maka tubuh akan menanggung sejumlah konsekuensi kesehatan jangka pendek dan jangka panjang yang negatif.


Dehidrasi yang berkepanjangan misalnya, dapat menyebabkan rheumatoid arthritis, migrain, angina, kolitis, dispepsia, hipertensi, obesitas, wasir, kanker payudara, tuberkulosis paru, batu ginjal, sinusitis, dan kanker rahim.


Agar tubuh Anda terhindar dari penyakit-penyakit serius tersebut, bantu tubuh Anda untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih agar tetap terhidrasi sepanjang hari.


Cara penerapannya

Minum air setelah bangun tidur adalah metode hidup sehat yang telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dan penyakit terkait mata. Selain itu, Anda akan merasa segar kembali seharian setelah mengikuti perawatan air ini.


- Minumlah empat gelas air dengan takaran sekitar 160 ml air per gelas setelah bangun tidur, sebelum menyikat gigi dan dengan kondisi perut kosong.

- Jangan makan apapun selama 45 menit berikutnya.

- Minumlah air 30 menit sebelum makan.

- Jika Anda tidak bisa minum empat gelas air pada saat perut kosong, maka Anda bisa memulainya dengan satu gelas atau sebanyak yang Anda butuhkan. Anda bisa secara bertahap meningkatkan asupan air sampai Anda mencapai tingkat yang diinginkan sebesar 640 ml.


Manfaat utama minum air pada perut yang kosong

Dilansir dari laman Life Hack, berikut ini adalah 8 manfaat yang akan Anda dapat saat mengkonsumsi air putih ketika bangun tidur dan dalam kondisi perut masih kosong.


1. Membantu Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Pada malam hari, tubuh Anda memperbaiki diri dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Saat minum air pada waktu perut kosong di pagi hari, Anda akan membersihkan racun berbahaya ini, dan membiarkan tubuh Anda segar dan sehat. Minum banyak air dapat membantu meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru.


2. Meningkatkan Metabolisme

Minum air putih pada perut kosong bisa meningkatkan tingkat metabolisme Anda setidaknya 24 persen. Hal ini sangat penting bagi orang-orang yang sedang melakukan diet ketat.


Tingkat metabolisme yang meningkat berarti sistem pencernaan yang lebih baik. Anda akan bisa mengikuti rutinitas diet Anda lebih mudah jika pencernaan Anda lebih cepat menyerap nutrisi.


Baca: Kiat Percepat Metabolisme agar Cepat Langsing


3. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Saat Anda minum air putih di pagi hari ketika perut kosong, Anda akan melepaskan semua racun dan ini akan memperbaiki sistem pencernaan Anda. Anda akan merasa tidak terlalu lapar dan hasrat Anda untuk makan akan berkurang. Hal ini akan mencegah kenaikan berat badan akibat makan berlebih.


Baca: Mengapa Kita dengan Mudah Menjadi Gemuk Lagi?


4. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya keasaman di perut. Bagi penderita sakit maag, yang akan dirasakan adalah asam lambung kembali ke kerongkongan Anda. Namun, saat Anda minum air putih dengan perut kosong, asam ini bisa ditekan dan diencerkan sehingga bisa mencegah asam lambung Anda naik.


5. Kulit Menjadi Lebih Sehat

Dehidrasi menyebabkan keriput dini. Ditemukan dalam sebuah studi bahwa minum 500 ml air pada saat perut kosong meningkatkan aliran darah di kulit dan membuat kulit bersinar. Selain itu, minum lebih banyak air sepanjang hari berarti tubuh Anda semakin banyak mengeluarkan racun, yang akan membuat kulit Anda lebih bercahaya.


Baca: Yang Perlu Diketahui Soal Kulit Dehidrasi


6. Baik untuk Pertumbuhan Rambut

Dehidrasi bisa berdampak serius pada pertumbuhan rambut Anda. Minum banyak air memberi nutrisi pada rambut Anda dari dalam hingga luar. Air membentuk hampir seperempat dari berat untai rambut.


Asupan air yang tidak mencukupi bisa menyebabkan rambut rapuh dan helai rambut tipis. Anda harus minum lebih banyak air setiap hari, minum air putih dengan perut kosong bisa meningkatkan kualitas rambut Anda sampai tingkat yang lebih tinggi.


Baca: Satu Rahasia Agar Rambut Pria Tebal dan Sehat


7. Mencegah Batu Ginjal dan Infeksi Kandung Kemih

Minum air putih segera setelah bangun sangat penting untuk mencegah batu ginjal dan infeksi kandung kemih. Ini adalah fakta bahwa minum air putih pada perut kosong mengencerkan asam yang menyebabkan batu di ginjal. Semakin banyak air yang Anda minum (sampai batas yang sehat), semakin Anda akan terlindungi dari berbagai jenis infeksi kandung kemih yang disebabkan oleh toksin.


8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih pada perut kosong membantu menyeimbangkan sistem limfatik yang menyebabkan peningkatan tingkat imunitas. Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat Anda aman dari berbagai penyakit dan mencegah Anda jatuh sakit.


Baca: Kapan Harus Berhenti Minum Air Putih?


PenulisIwan Supriyatna
EditorWisnubrata
© 2014 - 2017 KOMPAS GRAMEDIA.
Website by PandavaMedia